Kualitas Pelayanan Pendaftaran Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit YPK Mandiri Jakarta

Shahnaz Reflian, NPM. 2031321106 (2023) Kualitas Pelayanan Pendaftaran Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit YPK Mandiri Jakarta. Diploma thesis, Politeknik STIA LAN Jakarta.

[thumbnail of 041 SABSP 2023 - SHAHNAZ REFLIAN-BAB I.pdf] Text
041 SABSP 2023 - SHAHNAZ REFLIAN-BAB I.pdf - Published Version

Download (783kB)
[thumbnail of 041 SABSP 2023 - SHAHNAZ REFLIAN-BAB II-BAB IV.pdf] Text
041 SABSP 2023 - SHAHNAZ REFLIAN-BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (997kB) | Request a copy
[thumbnail of 041 SABSP 2023 - SHAHNAZ REFLIAN-BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
041 SABSP 2023 - SHAHNAZ REFLIAN-BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (653kB)

Abstract

Rumah Sakit sebagai salah satu sarana kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat memiliki peran yang sangat untuk mewujudkan derajat kesehatan yang optimal dan baik bagi masyarakat untuk itu perlunya adanya pengukuran kualitas pelayanan untuk melihat kepuasan pasien didalam lingkup pendaftaran. Dari study yang telah diamati, diperoleh adanya ketidakpuasan pada pelayanan di bagian pendaftaran pasien rawat jalan Rumah Sakit YPK Mandiri Jakarta. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Penelitian ini menggunakan Mix Method atau metode kombinasi (metode kualitatif dan metode kuantitatif). Populasi dalam penelitian ini yakni pasien Rumah Sakit YPK Mandiri Jakarta 350 orang. Sampel populasi kualitatif dalam penelitian ini yakni sekitar 5 pasien dan populasi kuantitatif yaitu 70 pasien. Teknik sampling menggunakan probability sampling ditampilkan dalam daftar pertanyaan secara wawancara untuk metode kualitatif dan terdapat tabel analisis regresi sederhana. Hasil penelitian terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan di bagian pendaftaran terhadap kepuasan pasien rawat jalan, dengan nilai sig 0,000 > dari 0,05 dengan koefisien korelasi 0,802 dan hasil pengujian atau hasil persamaan regresi linear sederhana yang diperoleh persamaan Y= 67,506+0,486X. Dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan di bagian pendaftaran terhadap kepuasan memiliki keeratan hubungan yang cukup. Rumah Sakit sebagai penyedia layanan kesehatan sebaiknya lebih memprioritaskan kualitas pelayanan untuk meningkatkan kepuasan pasien, karena kualitas pelayanan di bagian pendaftaran mempunyai pengaruh besar terhadap kepuasan pasien dengan cara penambahan sumber daya manusia, memperhatikan waktu tunggu dan dan memberikan fasilitas pendaftaran yang memadai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Budi Priyono, S.E., M.M.
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Loket Pendaftaran Pasien.
Subjects: Administrasi Bisnis Sektor Publik
Divisions: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis Sektor Publik (D4)
Depositing User: A.Md Triadi Nugraha
Date Deposited: 13 Feb 2024 03:35
Last Modified: 21 Aug 2024 08:44
URI: http://repository.stialan.ac.id/id/eprint/84

Actions (login required)

View Item
View Item