Analisis Keberhasilan Penagihan Utang Pelanggan pada Perumda Air Minum Jaya

Beby Camila, NPM. 2031011272 (2024) Analisis Keberhasilan Penagihan Utang Pelanggan pada Perumda Air Minum Jaya. Other thesis, Politeknik STIA LAN Jakarta.

[thumbnail of 138 SABSP 2024 - Beby Camila BAGIAN AWAL - BAB I.pdf] Text
138 SABSP 2024 - Beby Camila BAGIAN AWAL - BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of 138 SABSP 2024 - Beby Camila BAB II - BAB IV.pdf] Text
138 SABSP 2024 - Beby Camila BAB II - BAB IV.pdf - Published Version

Download (3MB)
[thumbnail of 138 SABSP 2024 - Beby Camila BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
138 SABSP 2024 - Beby Camila BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus untuk mengetahui penyebab rendahnya keberhasilan penagihan utang pelanggan PAM JAYA area Kepulauan Seribu dan merumuskan upaya peningkatan keberhasilan penagihan utang pelanggan PAM JAYA area Kepulauan Seribu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan telaah dokumen. Wawancara dilakukan kepada tujuh informan, sedangkan telaah dokumen dilakukan pada struktur organisasi, tugas pokok dan fungsi karyawan, hasil penilaian risiko, prosedur, data hasil pembayaran pelanggan, dan sistem PASS. Pengolahan data dilakukan dengan penyusunan transkrip dan triangulasi data. Diperoleh hasil penelitian bahwa rendahnya keberhasilan penagihan utang pelanggan PAM JAYA disebabkan oleh enam faktor, yaitu penilaian risiko, pengendalian internal, pengawasan, kondisi ekonomi pelanggan, kualitas air produksi, dan customer with zero consumption. Oleh karena itu, upaya yang perlu dilakukan untuk meningkatkan keberhasilan penagihan utang pelanggan PAM JAYA area Kepulauan Seribu adalah memperhatikan penilaian risiko di setiap proses penagihan utang pelanggan, memperbaiki dan menerapkan kebijakan dan prosedur yang ada, melakukan pengawasan dan pemantauan serta memberikan umpan balik atas hasil penagihan utang pelanggan, memberikan solusi kepada pelanggan yang mengalami kesulitan pembayaran, menyosialisasi opsi pembayaran dan sanksi atas keterlambatan pembayaran, serta meningkatkan kualitas air produksi

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Dr. RN. Afsdy Saksono, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: penagihan utang pelanggan, upaya keberhasilan penagihan
Subjects: Administrasi Bisnis Sektor Publik
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis Sektor Publik (D4)
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 14 Feb 2025 08:02
Last Modified: 14 Feb 2025 08:02
URI: http://repository.stialan.ac.id/id/eprint/511

Actions (login required)

View Item
View Item