Pengaruh Persepsi Kemanfaatan dan Persepsi Kemudahan Terhadap Minat Penggunaan Transaksi Elektronik (Studi Kasus: UMKM di Pasar Cibinong)

Terelasa Melda Br Sinaga, NPM. 2131011066 (2024) Pengaruh Persepsi Kemanfaatan dan Persepsi Kemudahan Terhadap Minat Penggunaan Transaksi Elektronik (Studi Kasus: UMKM di Pasar Cibinong). Other thesis, Politeknik STIA LAN Jakarta.

[thumbnail of 281 SABSP 2024 - Terelasa Melda Br Sinaga - BAGIAN AWAL - BAB I.pdf] Text
281 SABSP 2024 - Terelasa Melda Br Sinaga - BAGIAN AWAL - BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 281 SABSP 2024 - Terelasa Melda Br Sinaga - BAB II - BAB IV.pdf] Text
281 SABSP 2024 - Terelasa Melda Br Sinaga - BAB II - BAB IV.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 281 SABSP 2024 - Terelasa Melda Br Sinaga BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
281 SABSP 2024 - Terelasa Melda Br Sinaga BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (581kB)

Abstract

Fenomena penggunaan sistem transaksi elektronik telah menjadi hal yang lazim dalam metode pembayaran di era saat ini. Hal itu sejalan dengan upaya untuk meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas dalam operasi UMKM melalaui Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PSTE). Mengacu pada kontribusi UMKM yang signifikan terhadap produk domestik bruto (PDB), memahami kesiapan UMKM dalam mengadopsi transaksi elektronik menjadi semakin penting. Data nasional menunjukkan tren peningkatan penggunaan transaksi elektronik, tetapi hal tersebut berbalik fakta pada Pasar Cibinong yang mengalami penurunan penggunaan transaksi elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah persepsi manfaat dan persepsi kemudahan berpengaruh terhadap minat penggunaan para pelaku UMKM dalam penggunaan sistem transaksi elektronik di Pasar Cibinong. Untuk menelusuri fenomena ini lebih dalam, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan adaptasi teori Technology Acceptance Model (TAM). Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, yang kemudian dianalisis dengan uji regresi linier berganda. Dijelaskan hasil penelitian atau temuan yang didapatkan oleh peneliti, hasil analisis menunjukkan bahwa persepsi manfaat dan persepsi kemudahan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan transaksi elektronik. Temuan lain menunjukkan bahwa persepsi manfaat secara parsial berpengaruh terhadap minat, dan kemudahan penggunaan juga berpengaruh signifikan.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Rizki, S.E., M.M.
Uncontrolled Keywords: Persepsi Kemanfaatan; Persepsi Kemudahan; Transaksi Elektronik; Minat Penggunaan
Subjects: Administrasi Bisnis Sektor Publik
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis Sektor Publik (D4)
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 19 Feb 2025 08:44
Last Modified: 19 Feb 2025 08:44
URI: http://repository.stialan.ac.id/id/eprint/501

Actions (login required)

View Item
View Item