Ferdi Lesmana, NPM. 2011011437 (2024) Implementasi Sistem E-Antre dalam Situs Web Sistem Layanan Administrasi Cepat Dari Rumah (SILANCAR) dalam rangka meningkatkan Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis. Other thesis, Politeknik STIA LAN Jakarta.
![[thumbnail of 078 SAPN 2024 - Ferdi Lesmana BAB I.pdf]](http://repository.stialan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
078 SAPN 2024 - Ferdi Lesmana BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB)
![[thumbnail of 078 SAPN 2024 - Ferdi Lesmana BAB II - IV.pdf]](http://repository.stialan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
078 SAPN 2024 - Ferdi Lesmana BAB II - IV.pdf - Published Version
Download (2MB)
![[thumbnail of 078 SAPN 2024 - Ferdi Lesmana BAB V.pdf]](http://repository.stialan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
078 SAPN 2024 - Ferdi Lesmana BAB V.pdf - Published Version
Download (725kB)
Abstract
Seiring berjalannya waktu, kebutuhan terhadap pelayanan publik semakin meningkat karena kuantitas penduduk yang meningkat setiap tahunnya. Alhasil, perlu adanya perubahan dalam segi pelayanan baik secara tatap muka maupun melalui digital. Mengantri sudah menjadi kebiasaan masyarakat untuk bepergian di pagi hari hanya untuk mendapatkan pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Sistem antrian disini bisa dibilang belum memuaskan dan memiliki kekurangan tersendiri, seperti pengeluaran anggaran yang dibutuhkan dalam prosedur antrian ketika mendapatkan pelayanan publik. Selain itu, metode antrian yang konvensional dengan penggunaan penomoran nomor antrian sudah tidak layak untuk digunakan dan perlu diperbaharui. Kemudian, kurangnya sumber daya manusia guna mengurus pelayanan bagi masyarakat juga menjadi salah satu alasan kuantitas dan frekuensi antrian selalu terjadi. Alhasil, perlu adanya perubahan dalam sistem antrian ini sehingga masyarakat dapat menerima pelayanan publik secara optimal. Implementasi sistem e-antre merupakan salah satu bentuk inovasi guna menghindari bentrokan dalam antrian, menertibkan tata pelayanan administrasi serta mempermudah penyelenggara pelayanan publik untuk melakukan pelayanan dikarenakan keterbaharuan metode antrian yang lebih terstruktur dan terintegrasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis. Peneliti akan menyampaikan hasil analisis penelitian secara deskriptif dengan menggabungkan teori Analisis SWOT ke dalam proses implementasi pelaksanaan program.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dr. Ridwan Rajab, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Inovasi; Implementasi Program; Antrian; Pelayanan Publik; Analisis SWOT |
Subjects: | Administrasi Pembangunan Negara |
Divisions: | Jurusan Administrasi Publik > Administrasi Pembangunan Negara (D4) |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 08:27 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 08:27 |
URI: | http://repository.stialan.ac.id/id/eprint/373 |