PENGARUH KUALITAS LAYANAN PENSIUN TERHADAP KEPUASAN CALON PURNA BHAKTI DI DIREKTORAT JENDERAL PERHUBUNGAN DARAT

Rina Cristiningsih, NPM. 1933050210 (2022) PENGARUH KUALITAS LAYANAN PENSIUN TERHADAP KEPUASAN CALON PURNA BHAKTI DI DIREKTORAT JENDERAL PERHUBUNGAN DARAT. Diploma thesis, Politeknik STIA LAN Jakarta.

[thumbnail of 008 SMSDMA 2022 RINA CRISTININGSIH-BAB I.pdf] Text
008 SMSDMA 2022 RINA CRISTININGSIH-BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of 008 SMSDMA 2022 RINA CRISTININGSIH-BAB II-BAB IV.pdf] Text
008 SMSDMA 2022 RINA CRISTININGSIH-BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 008 SMSDMA 2022 RINA CRISTININGSIH-BAB V.pdf] Text
008 SMSDMA 2022 RINA CRISTININGSIH-BAB V.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan pensiun terhadap kepuasan calon purna bhakti di Direktorat Jenderal Perhubungan darat. Variabel bebas adalah kualitas layanan pensiun. Variabel terikat adalah kepuasan calon purna bhakti. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Poopulasi penelitian adalah calon purna bhakti di Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dengan sampel 57 pegawai. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan kuisioner menggunakan skala likert. Teknik pengolahan data dengan editing, coding, skoring dan tabulating. Analisis data menggunakan program SPSS dengan uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji signifikansi korelasi, uji regresi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan pensiun berpengaruh positif signifikan terhadap variabel kepuasan calon purna bhakti di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Hasil analisis menunjukkan nilai rhitung 0,303 yang berarti 0,303 ≤ 0,2609. Maka terdapat hubungan yang positif antar variabel. Hasil uji t menunjukkan nilai thitung adalah 2,360 dan nilai ttabel 2,00. Maka dapat disimpulkan 2,360 > 2,00 sehingga variabel kualitas layanan pensiun berpengaruh terhadap kepuasan calon purna bhakti. Besarnya pengaruh kedua variabel 12%. Dimensi yang mempunyai kontribusi besar untuk mengukur kualitas layanan pensiun adalah reliability, responsives dan assurance. Rekomendasi penelitian yaitu melakukan inovasi pengusulan layanan pensiun secara daring agar berkas dapat langsung diusulkan oleh calon purna bhakti dan melakukan monitoring pemberian DPCP minimal 6 bulan sebelum memasuki batas usia pensiun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Dian Indriyani, S.Pd., M.M.
Uncontrolled Keywords: kualitas layanan, kepuasan layanan
Subjects: Manajemen Sumber Daya Manusia Aparatur
Divisions: Jurusan Administrasi Publik > Manajemen Sumber Daya Manusia Aparatur (D4)
Depositing User: A.Md Triadi Nugraha
Date Deposited: 14 Mar 2024 05:22
Last Modified: 14 Mar 2024 05:22
URI: http://repository.stialan.ac.id/id/eprint/258

Actions (login required)

View Item
View Item