STRATEGI PEMASARAN PARIWISATA DALAM UPAYA PENINGKATAN JUMLAH WISATAWAN MANCANEGARA (MALAYSIA): STUDI KASUS PEMASARAN CANDI BOROBUDUR

Octavia Yoan Sabrina, NPM. 2032011255 (2023) STRATEGI PEMASARAN PARIWISATA DALAM UPAYA PENINGKATAN JUMLAH WISATAWAN MANCANEGARA (MALAYSIA): STUDI KASUS PEMASARAN CANDI BOROBUDUR. Diploma thesis, Politeknik STIA LAN Jakarta.

[thumbnail of 112 SABSP 2023 - OCTAVIA YOAN SABRINA BAB I.pdf] Text
112 SABSP 2023 - OCTAVIA YOAN SABRINA BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 112 SABSP 2023 - OCTAVIA YOAN SABRINA BAB II - IV.pdf] Text
112 SABSP 2023 - OCTAVIA YOAN SABRINA BAB II - IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 112 SABSP 2023 - OCTAVIA YOAN SABRINA BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
112 SABSP 2023 - OCTAVIA YOAN SABRINA BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (938kB)

Abstract

Kunjungan wisman ke Candi Borobudur mengalami penurunan signifikan selama tahun 2019-2022, termasuk kunjungan dari Malaysia yang juga mengalami penurunan. Hal ini menciptakan tantangan serius bagi potensi pariwisata Candi Borobudur di pasar Malaysia. Oleh karena itu pada penelitian tugas akhir ini peneliti mengangkat Rumusan Masalah yang meliputi: Bagaimana pola pemasaran yang dilakukan dalam meningkatkan jumlah wisman Malaysia untuk berkunjung ke Candi Borobudur dan bagaimana strategi pemasaran pariwisata yang tepat dalam upaya meningkatkan jumlah wisman Malaysia yang berkunjung ke Candi Borobudur menggunakan pendekatan analisis SWOT. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini yaitu untuk. mengetahui pola pemasaran yang dilakukan dalam upaya meningkatkan jumlah wisman Malaysia untuk berkunjung ke Candi Borobudur dan untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat dalam upaya meningkatkan jumlah wisman Malaysia untuk berkunjung ke Candi Borobudur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Candi Borobudur menerapkan strategi segmentasi produk, Candi Borobudur dapat dianggap memiliki bauran pemasaran yang efektif dengan mengintegrasikan 8P, yaitu produk, harga, tempat, promosi, orang, kemasan, program, dan kemitraan, dan dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan Malaysia ke Candi Borobudur, PT TWC dapat mengimplementasikan strategi pengembangan pasar, pengembangan produk, dan penetrasi pasar. Berdasarkan kesimpulan tersebut, dapat disampaikan saran-saran, sebagai berikut: 1) meningkatkan pemasaran ke negara Malaysia, 2) membuat paket-paket wisata yang menarik, 3) mengembangkan Candi Borobudur sebagai destinasi wisata berbasis Sustainable.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Rizki, S.E., M.M.
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran; peningkatan kunjungan 100 + xii halaman; 8 gambar; 14 tabel; 2 grafik; 5 lampiran Daftar Pustaka: 64 (2009 – 2023)
Subjects: Administrasi Bisnis Sektor Publik
Divisions: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis Sektor Publik (D4)
Depositing User: A.Md Triadi Nugraha
Date Deposited: 16 Feb 2024 03:27
Last Modified: 27 Aug 2024 04:15
URI: http://repository.stialan.ac.id/id/eprint/153

Actions (login required)

View Item
View Item