Haniyah Putri Salita, NPM. 2011011182 (2024) PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK MELALUI PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNANCE PADA KELURAHAN PANINGGILAN UTARA. Other thesis, Politeknik STIA LAN Jakarta.
![[thumbnail of 156 SAPN 2024 - Haniyah Putri Salita BAGIAN AWAL - BAB I.pdf]](http://repository.stialan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
156 SAPN 2024 - Haniyah Putri Salita BAGIAN AWAL - BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB)
![[thumbnail of 156 SAPN 2024 - Haniyah Putri Salita BAB II - BAB IV.pdf]](http://repository.stialan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
156 SAPN 2024 - Haniyah Putri Salita BAB II - BAB IV.pdf - Published Version
Download (1MB)
![[thumbnail of 156 SAPN 2024 - Haniyah Putri Salita BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://repository.stialan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
156 SAPN 2024 - Haniyah Putri Salita BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (657kB)
Abstract
Pemerintahan yang baik (good governance) dapat dilihat dan dinilai dari seberapa berhasilnya tingkat penyelenggaraan kebijakan dan program yang telah dijalankan. Pelayanan publik yang diselenggarakan oleh Kelurahan Paninggilan Utara sampai saat ini masih ditemukan kelemahan-kelemahan di dalam pelaksanaannya. Permasalahan tersebut berkaitan langsung dengan beberapa prinsip good governance yaitu, prinsip transparansi terkait akses informasi, prinsip efektivitas dan efisiensi terkait kompetensi pelaksana, prinsip keadilan terkait mekanisme pengambilan nomor antrian yang belum terurut, dan prinsip akuntabilitas terkait disiplin jam kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik, mengidentifikasi faktor penghambat dan pendukung kualitas dalam penyelenggaraan pelayanan publik serta menyusun strategi pelayanan publik melalui penerapan prinsip-prinsip good governance. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data primer melalui wawancara, data sekunder melalui dokumentasi yang dapat membantu peneliti dalam memberikan data dan informasi. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat masih belum merasakan kepuasan terhadap kualitas pelayanan publik, sehingga dibutuhkannya peningkatan kualitas pelayanan publik dengan menggunakan strategi yang dinilai berdasarkan faktor ketatalaksanaan, komitmen pimpinan, kompetensi sumber daya manusia, sarana prasarana dan teknologi informasi. Melalui strategi tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh Kelurahan Paninggilan Utara.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dr. Edy Sutrisno, S.E., M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Publik; Peningkatan Kualitas Pelayanan; Good Governance |
Subjects: | Administrasi Pembangunan Negara |
Divisions: | Jurusan Administrasi Publik > Administrasi Pembangunan Negara (D4) |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 27 Mar 2025 01:51 |
Last Modified: | 27 Mar 2025 01:51 |
URI: | http://repository.stialan.ac.id/id/eprint/529 |