EFEKTIVITAS PROGRAM MAMPIR PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK PBB DI KELURAHAN MUSTIKAJAYA KOTA BEKASI

Muhammad Hudzaifah Ramadhani, NPM. 2011011035 (2024) EFEKTIVITAS PROGRAM MAMPIR PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK PBB DI KELURAHAN MUSTIKAJAYA KOTA BEKASI. Other thesis, Politeknik STIA LAN Jakarta.

[thumbnail of 133 SAPN 2024 - Muhammad Hudzaifah Ramadhani BAGIAN AWAL - BAB I.pdf] Text
133 SAPN 2024 - Muhammad Hudzaifah Ramadhani BAGIAN AWAL - BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of 133 SAPN 2024 - Muhammad Hudzaifah Ramadhani BAB II - BAB IV.pdf] Text
133 SAPN 2024 - Muhammad Hudzaifah Ramadhani BAB II - BAB IV.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 133 SAPN 2024 - Muhammad Hudzaifah Ramadhani BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
133 SAPN 2024 - Muhammad Hudzaifah Ramadhani BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (954kB)

Abstract

Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) menjadi salah satu sumber pendapatan penting bagi pembangunan daerah. Namun, tingkat kepatuhan wajib pajak PBB di Kelurahan Mustikajaya Kota Bekasi masih belum optimal. Untuk mengatasi masalah ini, Pemerintah Kota Bekasi menginisiasi Program Mampir Pelayanan (Mapay) yang bertujuan memberikan kemudahan layanan pembayaran PBB bagi warga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas Program Mampir Pelayanan dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak PBB di Kelurahan Mustikajaya yang ditinjau dari 5 aspek yaitu pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan, dan perubahan nyata. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, serta teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan telaah dokumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Program Mampir Pelayanan sudah mencapai tujuannya yaitu untuk mendekatkan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, banyaknya respon positif dari masyarakat terhadap program ini karena merasa pelayanan perpajakan menjadi lebih dekat, terjangkau, dan ramah. Namun, secara mengejutkan, penerimaan PBB di wilayah tersebut justru mengalami penurunan setelah program diimplementasikan. Berdasarkan temuan tersebut, rekomendasi yang diberikan adalah sosialisasi dan edukasi secara intensif dan langsung kepada masyarakat,penguatan insentif dan sanksi, serta evaluasi secara berkala.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Neneng Sri Rahayu, S.T., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Program, Mampir Pelayanan, Pajak Bumi dan Bangunan, Peningkatan Kepatuhan Wajib Pajak
Subjects: Administrasi Pembangunan Negara
Divisions: Jurusan Administrasi Publik > Administrasi Pembangunan Negara (D4)
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 19 Feb 2025 08:42
Last Modified: 19 Feb 2025 08:42
URI: http://repository.stialan.ac.id/id/eprint/506

Actions (login required)

View Item
View Item