MODEL KEPEMIMPINAN YANG MELAYANI (SERVANT LEADERSHIP) DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DI UNIT SUB POKJA SDM SEKRETARIAT DITJEN PAUD,DIKDAS, DAN DIKMEN ( KEMENDIKBUDRISTEK)

Irwan, NPM. 2020011230 (2024) MODEL KEPEMIMPINAN YANG MELAYANI (SERVANT LEADERSHIP) DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DI UNIT SUB POKJA SDM SEKRETARIAT DITJEN PAUD,DIKDAS, DAN DIKMEN ( KEMENDIKBUDRISTEK). Other thesis, Politeknik STIA LAN Jakarta.

[thumbnail of 076 SMSDMA 2024 - Irwan BAB I.pdf] Text
076 SMSDMA 2024 - Irwan BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 076 SMSDMA 2024 - Irwan BAB II - IV.pdf] Text
076 SMSDMA 2024 - Irwan BAB II - IV.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 076 SMSDMA 2024 - Irwan BAB V.pdf] Text
076 SMSDMA 2024 - Irwan BAB V.pdf - Published Version

Download (598kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan kepemimpinan yang melayani (Servant Leadership) dalam meningkatkan kinerja pegawai di Sekretariat Jenderal Pendidikan Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Kemendikbudristek RI). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, data yang dipakai yaitu data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui metode dokumentasi, wawancara, dan observasi. Yang menjadi informan dalam penelitian ini yaitu selaku pimpinan dan 4 Pegawai di Unit Sub Pokja SDM. Penelitian dilakukan dengan turun langsung kepada objek penelitian dengan alat analisis berupa wawancara langsung dengan informan dan observasi.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kelima karakteristik kepemimpinan yang melayani (Servant Leadership) antara lain: Love (Kasih Sayang), Empowerment (Pemberdayaan), Vision (Visi), Humility (Kerendahan Hati), dan Trust ( Kepercayaan) telah diterapkan oleh selaku pimpinan Ibu Triana Faradilla di Unit Sub Pokja SDM. Yang menjadi kekuatan dalam kepemimpinan adalah kemampuan pimpinan untuk selalu melibatkan Pegawai secara individu maupun sebagai tim kerja, baik dalam penyelesaian suatu pekerjaan. masalah, maupun pengambilan keputusan yang penting dalam unit instansi. Hal yang perlu ditingkatkan adalah keterbukaan penyampaian visi, rencana jangka panjang, dan memberikan motivasi kepada pegawai. Dari penelitian ini juga dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan yang melayani baik diterapkan dalam Instansi, karena dapat membantu pegawai bertumbuh dalam perilaku kerja dengan pengetahuan, pengalaman, dan adaptasi dalam lingkungan kerja. Serta para pegawai dan pimpinan dapat mejalanin tugas dan tanggung jawab sehari-hari, komunikasi menjadi terbuka antar bawahan dan pimpinan. Pemimpin dapat dijadikan teladan, sehingga dapat menimbulkan rasa keterbukaan dan kerjasama untuk pencapaian tujuan bersama.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Porman Lumban Gaol, S,Si., M.M.
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan; pelayanan; kepemimpinan yang melayani, kinerja pegawai
Subjects: Manajemen Sumber Daya Manusia Aparatur
Divisions: Jurusan Administrasi Publik > Manajemen Sumber Daya Manusia Aparatur (D4)
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 30 Jan 2025 08:29
Last Modified: 30 Jan 2025 08:29
URI: http://repository.stialan.ac.id/id/eprint/371

Actions (login required)

View Item
View Item