Sevira Nailil Muna, NPM. 2020011086 (2024) Analisis Kualitas Pelayanan Publik Penekanan Pada Kualitas Sumber Daya Manusia (Studi Kasus Pada Puskesmas Pembantu Petamburan). Diploma thesis, Politeknik STIA LAN Jakarta.
![[thumbnail of 039 SMSDMA 2024 - Sevira Nailil Muna LAMPIRAN - BAB I.pdf]](http://repository.stialan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
039 SMSDMA 2024 - Sevira Nailil Muna LAMPIRAN - BAB I.pdf - Published Version
Download (2MB)
![[thumbnail of 039 SMSDMA 2024 - Sevira Nailil Muna BAB II - BAB IV.pdf]](http://repository.stialan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
039 SMSDMA 2024 - Sevira Nailil Muna BAB II - BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
![[thumbnail of 039 SMSDMA 2024 - Sevira Nailil Muna BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://repository.stialan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
039 SMSDMA 2024 - Sevira Nailil Muna BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (814kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan publik pada Puskesmas Pembantu Petamburan. Penelitian dilakukan terhadap 97 pasien yang sedang berkunjung atau pernah berkunjung ke Puskesmas Pembantu Petamburan. Pedekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitas pelayanan untuk menentukan kategori kinerja pelayanan, metode Importance- Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui perbedaan antara harapan pasien terhadap kualitas pelayanan publik dengan kinerja pelayanan publik yang diterima oleh pasien. Berdasarkan data yang didapatkan, hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pelayanan berada di kategori memuaskan namun, kualitas pelayanan publik yang dapat dilakukan untuk melayani masyarakat/ pasien masih berada pada angka 75,5% dari kualitas pelayanan yang diharapkan oleh masyarakat/ pasien sehingga, masih terdapat perbedaan atau gap pada setiap indikator pelayanan. Selain itu, terdapat indikator yang menjadi prioritas utama untuk dilakukan perbaikan seperti ruang check up (pemeriksaan) yang nyaman, indikator kedisiplinan dalam memberikan pelayanan, indikator kesigapan pegawai dalam memberikan pelayanan, indikator menerapkan budaya 5S (senyum, salam, sapa, sopan, dan santun) serta indikator pegawai melayani dan menghargai setiap pasien yang berkunjung masih berada di bawah harapan pasien.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dr. Hamka, MA. |
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Publik; Sumber Daya Manusia Aparatur; Puskesmas. |
Subjects: | Manajemen Sumber Daya Manusia Aparatur |
Divisions: | Jurusan Administrasi Publik > Manajemen Sumber Daya Manusia Aparatur (D4) |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 04:25 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 07:03 |
URI: | http://repository.stialan.ac.id/id/eprint/324 |