ANALISIS POTENSI PASAR PARIWISATA INDONESIA DI WILAYAH EROPA KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF / BADAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF

Muhammad Habibie Bayu Rukmana, NPM. 2132121126 (2024) ANALISIS POTENSI PASAR PARIWISATA INDONESIA DI WILAYAH EROPA KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF / BADAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF. Diploma thesis, Politeknik STIA LAN Jakarta.

[thumbnail of 007 SABSP 2024 - Muhammad Habibie Bayu Rukmana - BAGIAN AWAL - BAB I.pdf] Text
007 SABSP 2024 - Muhammad Habibie Bayu Rukmana - BAGIAN AWAL - BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of 007 SABSP 2024 - Muhammad Habibie Bayu Rukmana - BAB II - IV.pdf] Text
007 SABSP 2024 - Muhammad Habibie Bayu Rukmana - BAB II - IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 007 SABSP 2024 - Muhammad Habibie Bayu Rukmana - BAB V.pdf] Text
007 SABSP 2024 - Muhammad Habibie Bayu Rukmana - BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Industri pariwisata merupakan salah satu sektor yang memiliki potensi besar dan menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi dan pendapatan di Indonesia. Meskipun potensi pasar pariwisata Indonesia di Eropa sangat besar, namun masih terdapat beberapa tantangan yang perlu diatasi. Salah satunya adalah bagaimana strategi yang dilakukan untuk memaksimalkan potensi pasar Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menggali fakta-fakta yang kemudian dideskripsikan melalui butir-butir pertanyaan dalam wawancara dan telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan Kemenparekraf telah menerapkan strategi bauran pemasaran pariwisata 8P yaitu product, price, place, promotion, packaging, programming, partnership, dan people. Namun perlu perhatian lebih lanjut dalam mengelola sumber daya manusia untuk menjaga kualitas industri pariwisata pada masa mendatang. Dengan memahami preferensi dan kebutuhan wisatawan Eropa yang berusia 25-34 tahun, berjenis kelamin laki-laki, dengan tujuan berlibur dan menginap di hotel berbintang, Kemenparekraf dapat mengoptimalkan potensi pasar pariwisata Indonesia di wilayah Eropa. Meskipun menghadapi kendala seperti keterbatasan anggaran dan refocusing program, Kemenparekraf perlu terus berinovasi dan mencari solusi untuk memperluas pengaruhnya di pasar pariwisata Eropa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Anita, S.Kom., M.T.I.
Uncontrolled Keywords: Pariwisata, Bauran Pemasaran, Segmenting, Targeting, Positioning
Subjects: Administrasi Bisnis Sektor Publik
Divisions: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis Sektor Publik (D4)
Depositing User: A.Md Triadi Nugraha
Date Deposited: 06 Sep 2024 06:59
Last Modified: 06 Sep 2024 06:59
URI: http://repository.stialan.ac.id/id/eprint/293

Actions (login required)

View Item
View Item