Rina Septi Andriani, NPM. 2031011376 (2024) Analisis Efektivitas Retensi Pelanggan di Patra Bandung Hotel. Diploma thesis, Politeknik STIA LAN Jakarta.
130 SABSP 2024 - Rina Septi Andriani.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menggali faktor-faktor penyebab efektivitas retensi pelanggan di Patra Bandung Hotel. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, teknik pengumpulan data dalam rangka memperoleh informasi yang valid melalui wawancara dan telaah dokumen. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa efektivitas retensi pelanggan di Patra Bandung Hotel belum efektif disebabkan oleh faktor kepercayaan yang kurang efektif dalam retensi pelanggan, faktor efektif yang kurang efektif dalam retensi pelanggan, faktor komunikasi yang kurang efektif dalam retensi pelanggan, namun pada faktor penanganan keluhan yang sudah efektif dalam retensi pelanggan di Patra Bandung Hotel. Rendahnya efektivitas retensi pelanggan disebabkan oleh terbatasnya fasilitas, penerapan program loyalitas yang belum maksimal, penerapan membership yang belum dilaksanakan, tingkat respon pelanggan rendah, serta kendala dalam manajemen waktu. Untuk meningkatkan efektivitas retensi pelanggan di Patra Bandung Hotel dapat dilakukan optimalisasi terkait fasilitas, program loyalitas, feedback pelanggan dan manajemen waktu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dr. RN. Afsdy Saksono, M.Sc. |
Uncontrolled Keywords: | Retensi Pelanggan, Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi, Penanganan Keluhan |
Subjects: | Administrasi Bisnis Sektor Publik |
Divisions: | Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis Sektor Publik (D4) |
Depositing User: | A.Md Triadi Nugraha |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 05:59 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 05:59 |
URI: | http://repository.stialan.ac.id/id/eprint/287 |