STRATEGI PENINGKATAN STANDAR KOMPETENSI TELLER PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO)., TBK DI KANTOR CABANG UTAMA JAKARTA PUSAT

Karina Fuji Rahayu, NPM. 1833010209 (2023) STRATEGI PENINGKATAN STANDAR KOMPETENSI TELLER PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO)., TBK DI KANTOR CABANG UTAMA JAKARTA PUSAT. Diploma thesis, Politeknik STIA LAN Jakarta.

[thumbnail of 051 SMSDMA 2023 - Karina Fuji Rahayu BAB I.pdf] Text
051 SMSDMA 2023 - Karina Fuji Rahayu BAB I.pdf - Published Version

Download (826kB)
[thumbnail of 051 SMSDMA 2023 - Karina Fuji Rahayu BAB II - IV.pdf] Text
051 SMSDMA 2023 - Karina Fuji Rahayu BAB II - IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[thumbnail of 051 SMSDMA 2023 - Karina Fuji Rahayu BAB V.pdf] Text
051 SMSDMA 2023 - Karina Fuji Rahayu BAB V.pdf - Published Version

Download (194kB)

Abstract

Standar kompetensi dalam layanan perbankan sangat penting dalam suatu perusahaan termasuk PT. BNI Kantor Cabang Utama Jakarta Pusat dalam keseragaman melayani. Khususnya bagi petugas teller yang beberapa semester terakhir mendapatkan nilai paling kecil bahkan adanya keluhan nasabah yang belum dilayani secara maksimal. penilaian layanan. Berdasarkan hal tersebut, maka dibutuhkan adanya strategi peningkatan standar kompetensi teller. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan aspek penampilan, aspek sikap, dan aspek kemampuan teller. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) aspek penampilan yang sudah sesuai dalam kondisi ideal, 2) aspek sikap yang sebagian besar sudah menerapkan sikap yang baik dalam melakukan alur proses melayani, 3) aspek kemampuan yang masih membutuhkan perhatian khusus karena belum sepenuhnya terpenuhi. Penulis menyarankan melakukan strategi : 1) aspek penampilan untuk melakukan kelas grooming secara berkala yaitu minimal satu tahun sekali, 2) aspek sikap untuk melakukan real play agar mengetahui kesiapan dan kesigapan teller dalam melayani, 3) aspek kemampuan untuk membentuk tim mentor yang dibentuk dari cabang dan dilakukan secara serentak di seluruh cabang BNI bertugas untuk mengasah kemampuan khusus teller.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Asropi, S.Ip, M.Si
Uncontrolled Keywords: strategy; competency standards; bank teller; service quality
Subjects: Manajemen Sumber Daya Manusia Aparatur
Divisions: Jurusan Administrasi Publik > Manajemen Sumber Daya Manusia Aparatur (D4)
Depositing User: A.Md Triadi Nugraha
Date Deposited: 14 Mar 2024 05:23
Last Modified: 14 Mar 2024 05:23
URI: http://repository.stialan.ac.id/id/eprint/255

Actions (login required)

View Item
View Item