Samlibry Adhitia, NPM. 2041021018 (2023) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN ELECTRONIC TRAFFIC LAW ENFORCEMENT (ETLE) PADA KORPS LALU LINTAS KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Jakarta.
028 TMKP 2023 - SAMLIBRY ADHITIA-BAB I.pdf - Published Version
Download (5MB)
028 TMKP 2023 - SAMLIBRY ADHITIA-BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
028 TMKP 2023 - SAMLIBRY ADHITIA-BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB)
Abstract
Bentuk-bentuk upaya untuk mendukung pencegahan kecelakaan lalu lintas dan upaya membentuk kepatuhan pengemudi kendaraan dapat berupa upaya peningkatan pengawasan pengendalian melalui rekayasa teknologi berbasis digital, instalasi dan sarana-prasarana jalan, serta pengendalian rekayasa pengidentifikasian kendaraan, juga termasuk pengawasan khusus untuk transportasi dan angkutan jalan raya. Upaya-upaya tersebut juga tentunya akan meliputi pengembangan teknologi dan modernisasi sarana penunjang pengelolaan transportasi dan prasarana lain sesuai dengan ketentuan dan amanah Undang Undang Nomor 22 tahun 2009, Pasal 222, Ayat 3. Tujuan penerapan ETLE adalah sistem penegakan hukum lalu lintas yang menggunakan teknologi berbasis elektronik untuk mengumpulkan bukti awal pelanggaran lalu lintas jalan. Implementasi kebijakan dengan spektrum nasional yang terutama memerlukan dukungan teknologi, tidak mudah diimplementasikan dan pelaksanaan di daerah-daerah lain terkadang tidak sebanding apalagi untuk dijadikan sebagai sarana ukur secara nasional. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti hal apa yang menjadi tantangan dalam implementasi program kebijakan ETLE, terutama dengan teori Grindle. Hasil penelitian menemukan bahwa belum adanya indeks pengukuran ketertiban penyelenggaraan lalu lintas yang dikeluarkan oleh Kepolisian Lalu Lintas maupun oleh pemerintah daerah. Sinergi hubungan kerja dibutuhkan agar proyeksi implementasi dapat dilakukan secara sistematis ketimbang implementasi sporadis dan tidak teratur. Diperlukan semua rasio-rasio yang dapat dipakai sebagai bahan justifikasi pengambilan keputusan atas apa saja yang dapat akan dijadikan landasan pemikiran dalam hal melihat perkembangan keberhasilan program yang diimplementasikan oleh Kepolisian Lalu Lintas Republik Indonesia. Otomatisasi secara penuh (full automation) program ETLE, diharapkan dapat segera direalisasikan, sehingga, tahapan demi tahapan proses operasional dapat berlangsung dengan segera dan bersifat real time. Agar ETLE lebih optimal dan konsisten, implementasi ETLE perlu mempertimbangkan critical success factor (faktor penentu keberhasilan).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1: Prof. Dr. Nurliah Nurdin, M.A. ; Pembimbing 2: Dr. Ridwan Rajab, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | ETLE; tantangan implementasi; digitalisasi kepolisian |
Subjects: | Manajemen Kebijakan Publik |
Divisions: | Jurusan Administrasi Publik > Administrasi Pembangunan Negara (S2) > Manajemen Kebijakan Publik (S2) |
Depositing User: | A.Md Triadi Nugraha |
Date Deposited: | 23 Jan 2024 05:53 |
Last Modified: | 23 Jan 2024 05:53 |
URI: | http://repository.stialan.ac.id/id/eprint/24 |