Tri Yulia Wati, NPM. 1733020244 (2022) STRATEGI PELAYANAN PRIMA GUNA MEWUJUDKAN KEPUASAN PELANGGAN ANGGOTA PREMIERE KOPERASI KARTIKADAYA MANDIRI DATESEMEN MARKAS BESAR ANGKATAN DARAT (DENMABESAD). Diploma thesis, Politeknik STIA LAN Jakarta.
029 SMSDMA Tri Yulia wati-BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB)
029 SMSDMA Tri Yulia wati-BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
029 SMSDMA Tri Yulia wati-BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pelayanan prima guna mewujudkan kepuasan pelanggan anggota primer koperasi Kartika Daya Mandiri Detasemen Markas Besar Angkatan Darat (Denmabesad). Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Aspek penelitian berdasarkan konsep A6 yang terdiri dari: (1) kemampuan (Ability) (2). sikap (Attitude), (3) penampilan (Appearance), (4) perhatian (Attention), (5) tindakan (Action), dan (6) Tanggungjawab (Accountability). Hasil penelitian berdasarkan hasil evaluasi wawancara bahwa strategi pelayanan prima, yaitu: 1) memiliki kemampuan dasar: (a) melakukan komunikasi yang efektif, (b) memiliki pengetahuan. (c) memahami SOP untuk menangani keluhan. (e) memiliki kemampuan untuk memotivasi dirinya. 2) melayani pengunjung berdasarkan penampilan, berpikiran yang positif dan sikap menghargai, 3) penampilan rapi dan baik tidak berlebihan, akan memberikan kesan, sehingga akan timbul rasa kagum, simpati, dan hormat. 4) berpusat pada upaya pemenuhan kebutuhan atau kepuasan dan keinginan, 5) selalu merespon dengan cepat, tepat dan selalu berupaya memenuhi kebutuhan anggota primer, tidak memilih-milih, juga tidak pernah menyatakan sibuk dalam melayani, 6) memberikan kemudahan dalam melakukan pengaduan, dimulai dari awal transaksi sampai berakhirnya masalah yang dihadapi. Untuk itu penulis menyarankan untuk memberikan pelayanan terhadap anggota primer koperasi Kartika Daya Mandiri diperlukan upaya peningkatan pelayanan prima dari berbagai aspek yakni: kemampuan, sikap, penampilan, perhatian, tindakan dan tanggung jawab. Selain itu diperlukan pelayanan secara cepat, tepat, dan memadai serta penyampaian komunikasi yang baik, dan juga perlu disediakannya peralatan yang mendukung kegiatan pelayanan, serta Melakukan sosialisasi strategi pelayanan prima, berupa a) strategi pelayanan sarana dan prasarana, b) strategi pelayanan brosur atau promosi, c) strategi pelayanan jemput bola, agar semakin dikenal melalui berbagai strategi pemasaran produk-produk koperasi dengan tepat sasaran guna terciptanya kepuasan anggota primer koperasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Galuh Pancawati, S.Sos., M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pelayanan Prima, Kepuasan Pelanggan |
Subjects: | Manajemen Sumber Daya Manusia Aparatur |
Divisions: | Jurusan Administrasi Publik > Manajemen Sumber Daya Manusia Aparatur (D4) |
Depositing User: | A.Md Triadi Nugraha |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 05:10 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 05:10 |
URI: | http://repository.stialan.ac.id/id/eprint/239 |