M. Zaissulloh Alhadi, NPM. 1732000205 (2022) Analisis Implementasi Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual (SAIBA) Dalam Meningkatkan Kualitas Laporan Keuangan Di LEMIGAS. Diploma thesis, Politeknik STIA LAN Jakarta.
026 SABSP M. Zaissulloh Alhadi-BAB I.pdf - Published Version
Download (3MB)
026 SABSP M. Zaissulloh Alhadi-BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
026 SABSP M. Zaissulloh Alhadi-BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis implementasi sistem akuntansi instansi berbasis akrual dalam meningkatkan kualitas laporan keuangan di LEMIGAS dimulai dari kebijakan pengakuan dan pengukuran, penyajian laporan keuangan, serta kualitas laporan keuangan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan penelahan dokumen dan wawancara penelitian dengan teknik wawancara semi terstruktur kepada key informant. Prosedur pengolahan dan analisis data pada penelitian ini dimulai dari pengumpulan data, pemeriksaan data, klasifikasi data, dan penyajian data. Berdasarkan hasil penelitian ini, diketahui bahwa secara umum implementasi sistem akuntansi instansi berbasis akrual (SAIBA) dalam meningkatkan kualitas laporan keuangan di LEMIGAS masih belum dilaksanakan secara optimal, efektif dan efisien. Pengakuan dan pengukuran pendapatan, beban, dan piutang belum sepenuhnya menggunakan basis akrual. Penyajian laporan kas pada Badan Layanan Umum belum dilaksanakan secara maksimal, masih terdapat selisih laporan kas dengan rekening koran. Pengakuan dan pengukuran beban persediaan belum dilaksanakan basis akrual. LEMIGAS perlu melakukan rekonsiliasi pendapatan setiap bulan antara pengelola urusan PNBP, Bendahara Penerimaan, dan Koordinator KPPPT terkait invoice terbit dengan invoice terbayar, menyusun umur piutang dan membuat kartu piutang sesuai dengan dokumen tagihan atau invoice sehingga penentuan kualitas piutang jasa layanan sesuai kondisi sebenarnya dan tertib. Mengikutsertakan petugas persediaan dalam hal penerimaan barang persediaan, dan menginput barang masuk sesuai dengan waktu barang diterima. Menginstruksikan kepada Bendahara Penerimaan dan Penyusun Laporan Keuangan melakukan rekonsiliasi setiap bulannya antara rekening koran dengan laporan keuangan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Karnida Retta Ginting, S.E., M.M. |
Uncontrolled Keywords: | implementasi sistem akuntansi berbasis akrual, kualitas laporan keuangan. |
Subjects: | Administrasi Bisnis Sektor Publik |
Divisions: | Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis Sektor Publik (D4) |
Depositing User: | A.Md Triadi Nugraha |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 05:10 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 05:10 |
URI: | http://repository.stialan.ac.id/id/eprint/236 |