Risca Rahayu, NPM. 1732053166 (2022) Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Secara Elektronik di Unit Layanan Pengadaan Biro Umum, Sekretariat Presiden. Diploma thesis, Politeknik STIA LAN Jakarta.
006 SABSP 2022 Risca Rahayu-BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB)
006 SABSP 2022 Risca Rahayu-BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (5MB) | Request a copy
006 SABSP 2022 Risca Rahayu-BAB V.pdf - Published Version
Download (2MB)
Abstract
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pengadaan barang/jasa secara elektronik di Unit Layanan Pengadaan Biro Umum, Sekretariat Presiden berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 16 tahun 2018 yang telah diperbaharui menjadi Perpres Nomor 12 tahun 2021 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan telaah dokumen dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara mencocokan data dari telaah dokumen dan wawancara untuk mendeskripsikan hasil peneltian. Berdasarkan dua aspek yang diukur yaitu aspek kualitas dan kuantitas dan aspek waktu yang menunjukan bahwa pelaksanaan pengadaan barang/jasa secara elektronik di unit layanan pengadaan Biro Umum sudah berjalan dengan lancar serta telah mengikuti peraturan yang berlaku. Hasil wawancara dan telaah dokumen disimpulkan bahwa terdapat beberapa paket pengadaan yang gagal tender pada tahun 2021 diantaranya disebabkan oleh peserta tender yang tidak memenuhi kriteria dan persyaratan. Sebagai upaya mengoptimalkan pelaksanaan pengadaan barang/jasa secara elektronik di tahun berikutnya, maka penulis menyarankan beberapa hal sebagai berikut: 1. Aspek Kualitas dan Kuantitas a. Disarankan Tim UKPBJ Biro Umum untuk tetap mengikuti perkembangan apablia ada perubahan mengenai peraturan pengadaan barang/jasa; b. Diharapkan panitia pengadaan barang/jasa secara elektronik tetap memegang teguh prinsip yang sudah berjalan saat ini dengan baik c. Diharapkan peningkatan sistem SPSE untuk dapat mempercepat proses pengadaan barang/jasa; d. Disarankan pembagian waktu kerja dalam tim UKPBJ Biro Umum untuk mengurangi penumpukan paket tender dalam waktu tertentu, serta evaluasi terkait kendala yang menyebabkan beberapa paket tender gagal dilaksanakan. 2. Aspek Waktu a. Disarankan untuk tetap mengikuti perkembangan peraturan dan ketentuan pengadaan barang/jasa untuk menjaga kualitas hasil pengadaan yang sudah berjalan dengan baik; b. Disarankan untuk membuat perencanaan waktu uang tepat sehingga panitia pokja dalam membuat paket pengadaan dapat berjalan dengan baik dengan waktu yang tepat; c. Disarankan untuk penambahan SDM di UKPBJ Biro Umum guna mendukung dan membantu percepatan proses pengadaan barang/jasa secara elektronik."
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Tintin Sri Murtinah, SE., MM. |
Uncontrolled Keywords: | SPSE, Barang/Jasa, Unit Layanan Pengadaan |
Subjects: | Administrasi Bisnis Sektor Publik |
Divisions: | Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis Sektor Publik (D4) |
Depositing User: | A.Md Triadi Nugraha |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 05:04 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 05:04 |
URI: | http://repository.stialan.ac.id/id/eprint/218 |