Implementasi Program Roots dalam Penuntasan Isu Perundungan pada Satuan Pendidikan di Provinsi DKI Jakarta

Kadek Jeny Femila Devi, NPM. 2141021081 (2024) Implementasi Program Roots dalam Penuntasan Isu Perundungan pada Satuan Pendidikan di Provinsi DKI Jakarta. Masters thesis, Politeknik STIA LAN Jakarta.

[thumbnail of 093 TMKP 2023 - KADEK JENY FEMILA DEVI -  BAGIAN AWAL -  BAB I.pdf] Text
093 TMKP 2023 - KADEK JENY FEMILA DEVI - BAGIAN AWAL - BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of 093 TMKP 2023 - KADEK JENY FEMILA DEVI -  BAB II - IV.pdf] Text
093 TMKP 2023 - KADEK JENY FEMILA DEVI - BAB II - IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of 093 TMKP 2023 - KADEK JENY FEMILA DEVI -  BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
093 TMKP 2023 - KADEK JENY FEMILA DEVI - BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (828kB)

Abstract

Perundungan telah menjelma menjadi tantangan dalam dunia pendidikan karena memberikan dampak negatif diantaranya menurunkan kesempatan anak mendapatkan pendidikan berkualitas. Asesmen Nasional 2022 menunjukkan 36,31% siswa berpotensi mengalami perundungan. Sebagai upaya memerangi perundungan Kemendikbudristek melaksanakan Program Roots sebagai intervensi anti perundungan yang berfokus pada upaya mewujudkan iklim yang aman di sekolah dengan pelibatan aktif peran siswa sebagai agen perubahan. Program Roots diimplementasikan sejak tahun 2021 dan masih akan diimplementasikan di tahun berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Program Roots menggunakan model implementasi Van Meter dan Van Horn, apa saja faktor penghambat implementasi Program Roots pada satuan penndidikan di DKI Jakarta, serta menyusun strategi implementasi Program Roots di DKI Jakarta sebagai salah satu provinsi dengan angka kasus kekerasan yang tinggi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan implementasi Program Roots di DKI Jakarta belum optimal dengan ditemukannya beberapa hambatan selama proses impelementasi. Untuk memaksimalkan implementasi Program Roots di DKI Jakarta dapat dilakukan melalui penyesuaian renstra, pelibatan aktif Satgas dan TPPK, sosialisasi fleksibilitas penggunaan dana BOS, pemanfaatan platform merdeka mengajar, mengadakan kelas empati, penanaman budaya anti kekerasan oleh orang tua, menginisiasi gerakan berani lapor tolak kekerasan, dan membangun suasana kelas yang inklusif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat tersampaikan kepada para pemangku kepentingan sehingga proses implementasi Program Roots di DKI Jakarta dapat berjalan dengan lebih baik lagi. Melihat Program Roots merupakan program yang terus berkembang, penting untuk melakukan inovasi terus menerus agar program ini dapat memberikan hasil yang lebih efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing 1: Dr. Hamka, MA. ; Pembimbing 2: Ratri Istania, S.IP., MA., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: kebijakan publik; implementasi kebijakan; kebijakan pendidikan; program roots; perundungan.
Subjects: Manajemen Kebijakan Publik
Makalah Kebijakan
Divisions: Jurusan Administrasi Publik > Administrasi Pembangunan Negara (S2) > Manajemen Kebijakan Publik (S2)
Depositing User: A.Md Triadi Nugraha
Date Deposited: 13 Mar 2024 01:52
Last Modified: 29 Jul 2024 03:58
URI: http://repository.stialan.ac.id/id/eprint/201

Actions (login required)

View Item
View Item